Istiqomah, Istiqomah and , Drs. Djumali, M.Pd. (2014) Pengaruh Fasilitas Belajar dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (338kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi, 2) pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi, 3) pengaruh fasilitas belajar dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 114 siswa dengan sampel 84 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y= 55,405 + 0,271 X1 + 0,170 X2 Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah : 1) fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung>ttabel yaitu 3,021 > 1,990 (α= 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,003; 2) kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung>ttabel yaitu 2,136 > 1,990 (α= 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,036; 3) fasilitas belajar dan kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung>Ftabel yaitu 12,894 > 3,109 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 83% dan sumbangan efektif sebesar 19,9%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 17% dan sumbangan efektif sebesar 4,2%. Hasil dari perhitungan untuk nilai R2 diperoleh 0,241 yang berarti 24,1% hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh fasilitas belajar dan kreativitas belajar, sisanya sebesar 75,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas Belajar, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 14 Jan 2015 12:25 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 14:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31587 |
Actions (login required)
View Item |