Pengaruh Fasilitas Belajar dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2013/2014

Istiqomah, Istiqomah and , Drs. Djumali, M.Pd. (2014) Pengaruh Fasilitas Belajar dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (338kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi, 2) pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi, 3) pengaruh fasilitas belajar dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 114 siswa dengan sampel 84 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y= 55,405 + 0,271 X1 + 0,170 X2 Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah : 1) fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung>ttabel yaitu 3,021 > 1,990 (α= 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,003; 2) kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung>ttabel yaitu 2,136 > 1,990 (α= 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,036; 3) fasilitas belajar dan kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung>Ftabel yaitu 12,894 > 3,109 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 83% dan sumbangan efektif sebesar 19,9%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 17% dan sumbangan efektif sebesar 4,2%. Hasil dari perhitungan untuk nilai R2 diperoleh 0,241 yang berarti 24,1% hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh fasilitas belajar dan kreativitas belajar, sisanya sebesar 75,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar Ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 14 Jan 2015 12:25
Last Modified: 13 Oct 2021 14:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31587

Actions (login required)

View Item View Item