Peran Self Efficacy Dan Kematangan Beragama Terhadap Perilaku Menyontek

Siswanti, Tanti and , Dr. Nisa Rachmah N.A., M.Si, Psi and , Dra. Wiwin Dinar Pratisti, M.Si. (2014) Peran Self Efficacy Dan Kematangan Beragama Terhadap Perilaku Menyontek. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (154kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)

Abstract

Perilaku menyontek merupakan fenomena yang sering kita jumpai dalam proses belajar mengajar. Banyak siswa yang berusaha ingin mendapatkan prestasi belajar terbaik dikelasnya, bahkan dengan usaha yang tidak semestinya dilakukan oleh seorang siswa yaitu menyontek. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empirik hubungan self efficacy dan kematangan beragama dengan perilaku menyontek, mengetahui berapa besar sumbangan self efficacy dan kematangan beragama terhadap perilaku sekolah. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Negeri 2 Boyolali dan SMA Negeri 1 Kemusu sejumlah 383 orang. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala self efficacy, kematangan beragama dan perilaku menyontek. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil korelasi R sebesar 0,614 dan F regresi sebesar 115,018 dengan p = 0,000 (p<0,05), hasil korelasi (rx1y) sebesar - 0,419 dengan p < 0,01 dan (rx2y) sebesar -0,563 dengan p < 0,01. Rerata empirik variabel self efficacy sebesar 64,81 dan rerata hipotetik sebesar 60 berarti tergolong sedang. Variabel kematangan beragama mempunyai rerata empirik sebesar 101,14 dan rerata hipotetik sebesar 95 berarti tergolong sedang. Sumbangan efektif variavel self efficacy dan kematangan beragama terhadap perilaku menyontek ditunjukkan dari koefisien determinan (r2) = 0,37 atau sebesar 37,7%. Hal ini berarti masih terdapat 62,3% faktor lain yang mempengaruhi perilaku menyontek siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara self efficacy dan kematangan beragama dengan perilaku menyontek siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Perilaku menyontek, self efficacy dan kematangan beragama
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Jan 2015 06:42
Last Modified: 19 Oct 2021 17:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31564

Actions (login required)

View Item View Item