ARIANI, MARINA DWI and , Dr. Sabar Narimo, MM., M.Pd. (2014) Penggunaan Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Purwodadi Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (547kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (206kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (911kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_.pdf Download (288kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS ekonomi, 2) adanya pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS ekonomi, 3) adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi. Jenis penelitian yang digunkan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purwodadi tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 299 siswa dengan sampel 60 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y=15,016+0,999X1+0,734X2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS ekonomi. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 3,709 > 2,002 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000; 2) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS ekonomi. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 2,459 > 2,002 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000; 3) ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS ekonomi. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 16,373 > 3,159 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 64,11% dan sumbangan efektif sebesar 23,4%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 35,89% dan sumbangan efektif sebesar 13,1%. Total sumbangan variabel penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar siswa memberikan sumbangan sebesar 36,5% terhadap prestasi belajar IPS ekonomi, sisanya sebesar 63,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 12 Jan 2015 12:31 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 13:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31560 |
Actions (login required)
View Item |