Suwarsi, Suwarsi and , Dr. Taufik, M.Si. (2014) Efektivitas Metode Fonetik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_fonetik.pdf Download (250kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (474kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (183kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini menekankan pada perlakuan (treatment) berupa metode fonetik untuk mengajarkan membaca permulaan kepada anak dengan memperdengarkan bunyi huruf kemudian memperlihatkan bunyi huruf, mengasosiasikan huruf dengan kata bermakna disertai gambarnya dan disampaikan dengan bercerita. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa TKIT Insan Kamil Karanganyar yang duduk di kelas A dengan usia 4-6 tahun yang dipilih setelah melewati proses screening. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan menggunakan desain Solomon tiga kelompok (Three Group Solomon Design). Berdasarkan hasil analisis uji t berpasangan (paired t-test), skor pretes dan skor postes pada kelompok eksperimen diperoleh nilai t = -4.798 dengan taraf signifikansi 0.000 (p<0.05). Skor pretes dan postes kelompok kontrol 1 diperoleh nilai t = -0.120 dengan taraf signifikansi 0.906 (p>0.05). Skor postes kelompok kontrol 1 dan skor postes kelompok kontrol 2 diperoleh nilai t=-2.689 dengan taraf signifikansi 0.018 (p<0.05). Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antar kelompok yang diberikan perlakuan berupa pengajaran membaca dengan menggunakan metode fonetik. Dengan adanya kelompok kontrol 2 pada penelitian ini menegaskan bahwa adanya perbedaan yang signifikan itu benar-benar karena pengaruh perlakuan (treatment) dan bukan disebabkan oleh faktor yang lain, sehingga metode fonetik mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fonetik, membaca, solomon design, anak. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Jan 2015 07:16 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 15:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31551 |
Actions (login required)
View Item |