Efektivitas Metode Fonetik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini

Suwarsi, Suwarsi and , Dr. Taufik, M.Si. (2014) Efektivitas Metode Fonetik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_fonetik.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (474kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menekankan pada perlakuan (treatment) berupa metode fonetik untuk mengajarkan membaca permulaan kepada anak dengan memperdengarkan bunyi huruf kemudian memperlihatkan bunyi huruf, mengasosiasikan huruf dengan kata bermakna disertai gambarnya dan disampaikan dengan bercerita. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa TKIT Insan Kamil Karanganyar yang duduk di kelas A dengan usia 4-6 tahun yang dipilih setelah melewati proses screening. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan menggunakan desain Solomon tiga kelompok (Three Group Solomon Design). Berdasarkan hasil analisis uji t berpasangan (paired t-test), skor pretes dan skor postes pada kelompok eksperimen diperoleh nilai t = -4.798 dengan taraf signifikansi 0.000 (p<0.05). Skor pretes dan postes kelompok kontrol 1 diperoleh nilai t = -0.120 dengan taraf signifikansi 0.906 (p>0.05). Skor postes kelompok kontrol 1 dan skor postes kelompok kontrol 2 diperoleh nilai t=-2.689 dengan taraf signifikansi 0.018 (p<0.05). Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antar kelompok yang diberikan perlakuan berupa pengajaran membaca dengan menggunakan metode fonetik. Dengan adanya kelompok kontrol 2 pada penelitian ini menegaskan bahwa adanya perbedaan yang signifikan itu benar-benar karena pengaruh perlakuan (treatment) dan bukan disebabkan oleh faktor yang lain, sehingga metode fonetik mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: fonetik, membaca, solomon design, anak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Jan 2015 07:16
Last Modified: 19 Oct 2021 15:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31551

Actions (login required)

View Item View Item