Hubungan Kompetensi Pedagogik Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Efikasi Diri Guru

Rohimah, Siti and , Dr. Nisa Rachmah N. A, M.Si, Psikolog (2014) Hubungan Kompetensi Pedagogik Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Efikasi Diri Guru. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (172kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (629kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (204kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135B)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) hubungan kompetensi pedagogik dan kecerdasan emosi dengan efikasi diri guru; 2) hubungan antara kompetensi pedagogik dengan efikasi diri guru; 3) hubungan antara kecerdasan emosi dengan efikasi diri guru; 4) sumbangan atau peranan kompetensi pedagogik, kecerdasan emosi terhadap efikasi diri guru/ subjek penelitian adalah guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan Jebres Surakarta berjumlah 150 guru. Pengumpulan data menggunakan skala kompetensi pedagogik, skala kecerdasan emosi, dan skala efikasi diri. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dua prediktor dan stepwise. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara kompetensi pedagogik, kecerdasan emosi dengan efikasi diri guru. Hasil korelasi parsial menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kompetensi pedagogik dengan efikasi diri guru dan ada hubungan positif yang sangat signifikan kecerdasan emosi dengan efikasi diri guru. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara kompetensi pedagogik, kecerdasan emosi dan efikasi diri guru. Artinya variabel kompetensi pedagogik dan kecerdasan emosi dapat digunakan sebagai prediktor untuk memprediksi efikasi diri guru. Korelasi yang paling tinggi pada aspek kompetensi pedagogik adalah aspek perancangan pembelajaran. Korelasi yang paling tinggi pada aspek kecerdasan emosi adalah aspek pembinaan hubungan. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah perlunya target yang lebih menantang bagi guru-guru di sekolah dasar se Kecamatan Jebres Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, kompetensi pedagogik, kecerdasan emosi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Jan 2015 13:16
Last Modified: 19 Oct 2021 15:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31543

Actions (login required)

View Item View Item