Hubungan Dukungan Sosial Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Di SMP Negeri 1 Teras, Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Rahayu, Anik Roostiani Ngesthi and , Dr. Nanik Prihartanti, M.Si. (2014) Hubungan Dukungan Sosial Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Di SMP Negeri 1 Teras, Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_new.pdf

Download (283kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_NEW.pdf

Download (305kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hubungan dari dukungan sosial dan motifasi berprestasi dengan pretasi belajar. Model dari penelitian ini penelitian kuantitatif. Subyeknya adalah siswa di SMP N 1 Teras, Kab. Boyolali. Sebagai populasi adalah seluruh siswa berjumlah 675 siswa, dengan rincian 222 siswa kelas VII, 235 siswa kelas VIII, dan 218 siswa kelas IX. Maka, sebgai responden penelitian ini mengambil 70 siswa sebagai sempel, dengan teknik pengambilan sempel adalah teknik random sampling. Untuk pengumpulan data sebagai cara untuk penyusunan instrument dan pengukurannya adalah dokumentasi dan questioner atau angket. Data dianalisa dengan Regresi Linier Ganda. Ada tiga kesimpulan pada penelitian ini, (1) Ada korelasi atau hubungan antara dukungan sosial dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar. Ini dibuktikan dengan Test F menghasilkan 15, 471 dengan signifikansi 0,0000. Ini berarti ada pengaruh positif dan siognifikan. (2) Ada korelasi atau hubungan antara dukungan sosial dengan prestasi belajar. Dibuktikan dengan koefisiendari dukungan sosial terhadap prestasi belajar adalah 0,049 jadi p < 0,005. (3) Ada korelasi atau hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar, dibuktikan dengan koefisien dari motifasi berprestasi terhadap prestasi belajar adalah 0,042, jadi p < 0,05. Konstribusi atau sumbangan efektif dari dukungan sosial dan motifasi berprestasi terhadap prestasi belajar menunjukan skore 29,5 %. Adapun yang 70,5 % dimungkinkan dating dari faktor yang lainnya.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial, motivasi belajar, prestasi belajar.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Jan 2015 12:40
Last Modified: 19 Oct 2021 14:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31537

Actions (login required)

View Item View Item