Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar

Isnaini, Faiqotul and , Dr. Taufik, M.Si. (2014) Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
(2)_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
(3)_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (371kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
(4.1)_BAB_1.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
(4.2)_BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
(4.3)_BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab IV)
(4.4)_BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab V)
(4.5)_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
(5)_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
(6)_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan strategi Self- Management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Tempat di SMP Negeri Ceria di Margoyoso Kabupaten Pati. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan The Solomon Three-Group Design, dimana terdapat 3 kelompok yaitu kelompok eksperimen, kelompok kontrol 1 dan kelompok kontrol 2. Jumlah subjek penelitian 18 peserta didik dibagi masing-masing 6 orang dalam kelompok dengan karakteristik subjek penelitian kelas VIII dan berjenis kelamin laki-laki semua. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kedisiplinan belajar dan dokumentasi. Hipotesis: ada perbedaan pengaruh kedisiplinan belajar antara sebelum dan sesudah penggunaan strategi self-management. Intervensi yang diberikan adalah konseling kelompok dengan strategi self-management selama 5x pertemuan. Kesimpulan: Ada pengaruh kedisiplinan belajar antara sebelum dan sesudah konseling kelompok dengan strategi pengelolaan diri pada ketiga kelompok terlihat dari hasil asymp. sig sebesar 0,001. Artinya konseling kelompok dengan strategi self-management (pengelolaan diri) efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Self-Management, Kedisiplinan Belajar, Konseling Kelompok
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Jan 2015 10:08
Last Modified: 19 Oct 2021 14:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31535

Actions (login required)

View Item View Item