Diksi Dalam Kumpulan Cerpen Berjuta Rasanya Karya Tere Liye : Kajian Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMK

SUJEPTI, SUJEPTI and , Prof. Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum and , Dr. Nafron Hasyim (2014) Diksi Dalam Kumpulan Cerpen Berjuta Rasanya Karya Tere Liye : Kajian Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMK. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (773kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (541kB)

Abstract

penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan struktur pada kumpulan cerpen Berjuta Rasanya karya Tere Liye. (2) Mendeskripsikan bentuk pemakaian diksi dalam kumpulan cerpen Berjuta Rasanya karya Tere Liye. (3) Mendeskripsikan pemaknaan diksi dalam kumpulan cerpen Berjuta Rasanya karya Tere Liye. (4) Mendeskripsikan implementasi diksi dalam kumpulan cerpen Berjuta Rasanya karya Tere Liye sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia di SMK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data menggunakan metode pembacaan model semiotik, yaitu pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan analisis struktur dalam kumpulan cerpen Berjuta Rasanya karya Tere Liye diperoleh simpulan bahwa tema cerita-ceritanya tentang kisah percintaan, baik yang menyenangkan, mengharukan bahkan pada cinta sampai mati. Alur dalam kumpulan cerpen Berjuta Rasanya ini ada alur maju dan alur mundur. Latar dalam kumpulan cerpen Berjuta Rasanya ada di sebuah kota terpencil, bandara, tempat kos, dalam bis, daerah gurun, sebuah kafe. Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan diksi dalam kumpulan cerpen Berjuta Rasanya karya Tere Liye. Diksi yang terdapat dalam kumpulan cerpen Berjuta Rasanya karya Tere Liye adalah sebagai berikut (1) kata konotatif, (2) kata konkret, (3) kata serapan dari bahasa asing, (4) kata sapaan khas dan nama diri, (5) kata dengan objek realitas alam, dan (6) kosa kata bahasa Jawa. Berdasarkan analisis makna pada kumpulan Cerpen Berjudul Berjuta Rasanya karya Tere Liye meliputi, dimensi religius atau agama, dimensi kultural / budaya, dimensi sosial, dimensi moral. Implementasi Diksi pada Kumpulan Cerpen Berjudul Berjuta Rasanya karya Tere Liye sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMK, yakni terdapat pada kompetensi inti yang keempat. Mengolah, menalar, mencoba dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuwan dan terdapat dalam kompetensi dasar 3.3. yaitu menganalisis teks cerpen, baik melalui lisan maupun tulisan, serta kompetensi dasar 4.3 yaitu menyunting teks cerpen, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: diksi, cerpen Berjuta Rasanya, kajian stilistika, bahan ajar bahasa Indonesia di SMK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 31 Dec 2014 12:33
Last Modified: 19 Oct 2021 16:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31492

Actions (login required)

View Item View Item