Sulistyani, Ari and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd. (2014) Pengelolaan Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah di SMK Negeri 2 Karanganyar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
10.Publikasi_Ari_Sulistyani.pdf Download (222kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
2.._Halaman_Depan_Ari_Sulistyani.pdf Download (254kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.Bab_1_Ari_Sulistyani.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Bab II)
4.Bab_2_Ari_Sulistyani.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab III)
5.Bab_3_Ari_Sulistyani.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.Bab_4_Ari_Sulistyani.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
PDF (Bab V)
7.Bab_5_Ari_Sulistyani.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8.daftar_pustaka_Ari_Sulistyani.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Tujuan umum penelitian untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan pembelajaran kimia berbasis masalah di SMK Negeri 2 Karanganyar. Tujuan khusus penelitian, yaitu mendeskripsikan tentang : 1) Pengelolaan ruang dan media pembelajaran kimia berbasis masalah; 2) Pengelolaan materi ajar kimia berbasis masalah; 3) Pengelolaan interaksi pembelajaran kimia berbasis masalah; dan 4) Pengelolaan evaluasi dan tindaklanjut pembelajaran kimia berbasis masalah di SMK Negeri 2 Karanganyar. Jenis penelitian adalah kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yaitu : 1) Implementasi pengelolaan tata ruang kelas dan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan belajar siswa, sehingga pembeelajaran lebih bermakna; 2) Pembelajaran berbasis masalah mengorganisasikan materi atau bahan pembelajaran di sekitar pertanyaan dan masalah yang dua-duanya secara sosial penting dan secara pribadi bermakna untuk siswa; 3) Interaksi dalam pembelajaran berbasis masalah dicirikan dengan kerjasama antar siswa dalam satu kelompok kecil. Kerjasama dalam menyelesaikan tugas-tugas kompleks dapat meningkatkan keterampilan berpikir dan keterampilan sosial; 4) Pengelolaan evaluasi dan tindaklanjut pembelajaran kimia berbasis masalah guru melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran sehingga siswa mampu menemukan hubungan antara informasi baru dengan informasi yang telah ia punya dan akhirnya ia mampu memahami informasi yang diberikan guru dalam pengembangan materi ajar berikutnya.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis masalah, kimia, sekolah menengah kejuruan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 30 Dec 2014 08:43 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31473 |
Actions (login required)
View Item |