Pengelolaan Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah di SMK Negeri 2 Karanganyar

Sulistyani, Ari and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd. (2014) Pengelolaan Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah di SMK Negeri 2 Karanganyar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10.Publikasi_Ari_Sulistyani.pdf

Download (222kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.._Halaman_Depan_Ari_Sulistyani.pdf

Download (254kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.Bab_1_Ari_Sulistyani.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
4.Bab_2_Ari_Sulistyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab III)
5.Bab_3_Ari_Sulistyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.Bab_4_Ari_Sulistyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab V)
7.Bab_5_Ari_Sulistyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.daftar_pustaka_Ari_Sulistyani.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan umum penelitian untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan pembelajaran kimia berbasis masalah di SMK Negeri 2 Karanganyar. Tujuan khusus penelitian, yaitu mendeskripsikan tentang : 1) Pengelolaan ruang dan media pembelajaran kimia berbasis masalah; 2) Pengelolaan materi ajar kimia berbasis masalah; 3) Pengelolaan interaksi pembelajaran kimia berbasis masalah; dan 4) Pengelolaan evaluasi dan tindaklanjut pembelajaran kimia berbasis masalah di SMK Negeri 2 Karanganyar. Jenis penelitian adalah kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yaitu : 1) Implementasi pengelolaan tata ruang kelas dan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan belajar siswa, sehingga pembeelajaran lebih bermakna; 2) Pembelajaran berbasis masalah mengorganisasikan materi atau bahan pembelajaran di sekitar pertanyaan dan masalah yang dua-duanya secara sosial penting dan secara pribadi bermakna untuk siswa; 3) Interaksi dalam pembelajaran berbasis masalah dicirikan dengan kerjasama antar siswa dalam satu kelompok kecil. Kerjasama dalam menyelesaikan tugas-tugas kompleks dapat meningkatkan keterampilan berpikir dan keterampilan sosial; 4) Pengelolaan evaluasi dan tindaklanjut pembelajaran kimia berbasis masalah guru melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran sehingga siswa mampu menemukan hubungan antara informasi baru dengan informasi yang telah ia punya dan akhirnya ia mampu memahami informasi yang diberikan guru dalam pengembangan materi ajar berikutnya.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis masalah, kimia, sekolah menengah kejuruan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Dec 2014 08:43
Last Modified: 20 Oct 2021 06:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31473

Actions (login required)

View Item View Item