Budiyanto, Agus Ririn and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Dr. Darsinah, M. Si (2014) Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Ta’mirul Islam Kecamatan Laweyan Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._Jurnal_PUBLIKASI_ilmiah_Tesis_AR_2014.pdf Download (112kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
3._TESIS_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (361kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_tesis.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka_tesis.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran_tesis_komplit.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, keunggulan dan upaya pengembangan pendidikan karakter di Sekolah Dasar Ta’mirul Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi mikro. Tempat penelitian di Sekolah Dasar Ta’mirul Islam Kecamatan Laweyan Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (In Depth Interview), observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Model Spradly yang meliputi analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema kultural. Peningkatan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dalam penelitian, triangulasi teknik dan sumber, diskusi dengan teman sejawat, dan menggunakan bahan referensi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah 1) perencanaan pendidikan karakter di SD Ta’mirul Islam diwujudkan dalam perencanaan program kegiatan pendidikan karakter jangka pendek yang berisi program kegiatan rutin harian, perencanaan kegiatan pendidikan karakter tahunan yang merupakan penjabaran dari program jangka panjang dan perencanaan perangkat pembelajaran yang berkarakter untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara terintegrasi pembelajaran 2) pelaksanaan pendidikan karakter di SD Ta’mirul Islam dilakukan melalui pengintegrasian dalam pembelajaran secara eksplisit dan implisit, kegiatan ekstrakurikuler yang beragam, dan pembiasaan dalam bidang keagamaan 3) keunggulan pendidikan karakter di SD Ta’mirul Islam adalah pendidikan Agama Islam diampu guru yang hafiidz Qur’an berkompeten sebagai pelaksana utama pendidikan karakter dan keberagaman kegiatan pendidikan karakter untuk memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik 4) upaya pengembangan pendidikan karakter di SD Ta’mirul Islam dilakukan dengan cara membentuk budaya sekolah melalui mentor sebaya, menerapkan pengembangan pendidikan karakter berbasis potensi diri dan program multiple intelligences, menerapkan quantum parenting dalam pendidikan karakter berbasis rumah.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 30 Dec 2014 07:48 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31471 |
Actions (login required)
View Item |