Maritiawati, Weika and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Media Flash Card Di Kelompok B TK Aisyiyah, Gajahan, Pasar Kliwon, Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (958kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (429kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (416kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (557kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak melalui media flash card di kelompok B TK Aisyiyah Gajahan Kecamatan Pasar Kliwon Kabupaten Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Sebelum diadakan penelitian, kemampuan membaca permulaan anak kurang dan guru sudah menggunakan berbagai metode untuk pembelajaran. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak. Solusi yang dipergunakan penelitian ini adalah dengan menggunakan media flash card. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Gajahan yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan catatan lapangan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui 3 siklus, yang terdiri dari empat kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini diharapkan dengan media flash card dapat meingkatkan kemampuan membaca permulaan anak di TK Aisyiyah Gajahan Kecamatan Pasar Kliwon Kabupaten Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 meningkat 80% dari 16 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak di TK Aisyiyah Gajahan sebelum dilakukan penelitian ini kemampuan membaca permulaan hanya sekitar 25% dari 16 anak. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan media flash card pada siklus I kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 52,93%, pada siklus II menjadi 72,56% dan pada siklus III meningkat menjadi 85,81%. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui media flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di kelompok B TK Asiyiyah Gajahan Pasar Kliwon Surakarta tahun ajaran 2013/2014” terbukti kebenarannya dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan membaca permulaan, flash card |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 29 Dec 2014 16:57 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 16:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31468 |
Actions (login required)
View Item |