, Sayono and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Manajemen Pembelajaran Guru Dalam Pemberlajaran Inovatif (Studi Situs SD Negeri 1 Tulung Klaten). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (459kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (180kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan kondisi nyata keterlibatan guru dalam pembelajaran, sedangkan tujuan khusus ingin mendeskripsikan MANAJEMEN PEMBELAJARAN GURU dalam pembelajaran inovatif. Disain penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaiu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk kata-kata yang disusun dalam kalimat. Pendekatan penelitian menggunakan fenomenologi. Subjek penelitian adalah ketua komite, kepala sekolah, dan guru, dan orangtua. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data analisis interaktif.. keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Dari hasi penelitian dan pembahasan tentang manajemen pembelajaran guru terutama terkait dengan kinerjanya dalam perencanaan pembelajaran inovatif berlangsung dengan baik, respon balik guru sangat tinggi, dan memiliki produktivitas kinerja yang optimal, yang akhirnya mampu mengantarkan pencapaian tujuan pendidikan Pembelajaran inovatif wajib dilaksanakan pihak sekolah, terutama oleh guru yang bersangkutan, dengan mengacu pada pedoman yang berlaku, pihak sekolah dapat menjembatani pembelajaran inovatif dengan cara mengirimkan guru untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan, workshop, inhouse training, dan pengembangan diri melalui penelitian tindakan kelas, sehingga mampu memenuhi kebutuhan belajar dan pencapaian hasil belajar siswa optimal Manajemen pembelajaran guru dalam evaluasi pembelajaran inovatif dilaksanakan melalui koordinasi dan kolaborasi dengan pihak-pihak terkait dalam implementasinya, baik dinas maupun organisasi profesi guru, atau kelompok kerja guru, kelompok kerja kepala sekolah, dan sebagainya dengan mengalokasikan biaya yang memadai. Sehingga guru mampu melaksanakan pembelajaran inovatif secara efektif.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran inovatif, sekolah dasar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Dec 2014 07:33 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31452 |
Actions (login required)
View Item |