Darmawan, Cendikia Rakhmad and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2014) Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Problem Based Learning( PBL ) (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP N 1 Toroh Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (940kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_1.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (751kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Problem Based Learning (PBL) siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Toroh. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 32 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII B. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini adalah: 1) ada peningkatan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan strategi Problem Based Learning (PBL), hal ini dapat dilihat dari aspek a) Mampu mengatasi masalah belajarnya sendiri sebelum dilakukan tindakan sebanyak 12 siswa (37,86%), dan setelah dilakuklan tindakan sebanyak 23siswa (72,57%).b) Mampu menyelesaikan tugasnya sendiri sebelum dilakukan tindakan sebanyak 10 siswa (32,14%) dan setelah tindakan sebanyak 21 siswa (67,50%).c) Mampu mengatur dirinya sendiri sebelum dilakukan tindakan sebanyak 4 siswa (14,29%) dan setelah tindakan sebanyak20 siswa (65,75%).2) ada peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Problem Based Learning (PBL), hal ini dapat dilihat nilai siswa yang mencapai KKM sama dengan 65 sebelum tindakan 25% meningkat menjadi 70,63% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang kubus dan balok.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian, Problem Based Learning (PBL) |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 24 Dec 2014 12:47 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 22:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31444 |
Actions (login required)
View Item |