Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Writing Pada Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Nawangan Pacitan

Kumalasari, Hanit Nugraini and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and , Dr. Samino, M.M. (2014) Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Writing Pada Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Nawangan Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (364kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._Halaman_Depan.pdf

Download (334kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan perencanaan proses pembelajaran bahasa Inggris writing pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Nawangan Pacitan. (2) Mendiskripsikan proses pembelajaran bahasa Inggris writing pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Nawangan Pacitan. (3) Mendiskripsikan faktor-faktor yang mendukung kelancaran siswa dalam proses pembelajaran bahasa Inggris writing pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Nawangan Pacitan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian etnografi. Lokasi dalam penelitian ini adalah di SMP Negeri 2 Nawangan Pacitan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan berperan serta, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan dan menyeleksi data yang diperoleh dalam penelitian berdasarkan kualitas kebenarannya kemudian menggambarkan dan menyimpulkan hasilnya untuk menjawab permasalahan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran bahasa Inggris writing disusun dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat dalam forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) bahasa Inggris Kabupaten Pacitan sebelum tahun baru dimulai. Sebelum menyusun RPP di MGMP Kabupaten, tiap-tiap sekolah telah menyusun draf RPP melalui MGMP internal. (2) Proses pembelajaran bahasa Inggris writing dilakukan dalam 3 kegiatan. Kegiatan awal proses pembelajaran meliputi memeriksa absensi siswa, memberi pre-test lisan kepada sebagian siswa. Kegiatan inti proses pembelajaran dilakukan dengan menyampaikan materi ajar sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan akhir proses pembelajaran guru menyimpulkan materi dan memberikan tugas pada siswa. (3) faktor yang mendukung kelancaran siswa dalam belajar bahasa Inggris meliputi: minat dan bakat siswa, guru yang profesional, sarana dan prasarana yang mendukung serta program ekstrakurikuler yang diadakan di SMP Negeri 2 Nawangan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: proses, pembelajaran, bahasa Inggris, writing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 22 Dec 2014 12:05
Last Modified: 20 Oct 2021 06:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31413

Actions (login required)

View Item View Item