Kumalasari, Hanit Nugraini and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and , Dr. Samino, M.M. (2014) Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Writing Pada Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Nawangan Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (364kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
3._Halaman_Depan.pdf Download (334kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (901kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan perencanaan proses pembelajaran bahasa Inggris writing pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Nawangan Pacitan. (2) Mendiskripsikan proses pembelajaran bahasa Inggris writing pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Nawangan Pacitan. (3) Mendiskripsikan faktor-faktor yang mendukung kelancaran siswa dalam proses pembelajaran bahasa Inggris writing pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Nawangan Pacitan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian etnografi. Lokasi dalam penelitian ini adalah di SMP Negeri 2 Nawangan Pacitan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan berperan serta, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan dan menyeleksi data yang diperoleh dalam penelitian berdasarkan kualitas kebenarannya kemudian menggambarkan dan menyimpulkan hasilnya untuk menjawab permasalahan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran bahasa Inggris writing disusun dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat dalam forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) bahasa Inggris Kabupaten Pacitan sebelum tahun baru dimulai. Sebelum menyusun RPP di MGMP Kabupaten, tiap-tiap sekolah telah menyusun draf RPP melalui MGMP internal. (2) Proses pembelajaran bahasa Inggris writing dilakukan dalam 3 kegiatan. Kegiatan awal proses pembelajaran meliputi memeriksa absensi siswa, memberi pre-test lisan kepada sebagian siswa. Kegiatan inti proses pembelajaran dilakukan dengan menyampaikan materi ajar sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan akhir proses pembelajaran guru menyimpulkan materi dan memberikan tugas pada siswa. (3) faktor yang mendukung kelancaran siswa dalam belajar bahasa Inggris meliputi: minat dan bakat siswa, guru yang profesional, sarana dan prasarana yang mendukung serta program ekstrakurikuler yang diadakan di SMP Negeri 2 Nawangan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | proses, pembelajaran, bahasa Inggris, writing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 22 Dec 2014 12:05 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31413 |
Actions (login required)
View Item |