Besar, Endri Yunanta and , Prof. Dr. Yetty Sarjono M.Si and , Dra. Wafroturrohmah, SE, MM. (2014) Pengelolaan Pendidikan Karakter Berbasis Religi di SMK Muhammadiyah Delanggu. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF ( Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (128kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (256kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (47kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah : 1) untuk mendeskripsikan perencanaan pendidikan karakter berbasis religi, 2 )untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter berbasis religi, 3) untuk mendeskripsikan langkah evaluasi pendidikan karakter berbasis religi, dan 4) untuk mendeskripsikan tindak lanjut pendidikan karakter berbasis religi di SMK Muhammadiyah Delanggu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan desain metode naturalistik ethnographic. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan siswa yang aktif dalam kegiatan sekolah. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan observasi terus menerus dan triangulasi. Berdasar hasil penelitian disimpulkan : 1) perencanaan pendidikan karakter berbasis religi disusun berdasar visi, misi dan tujuan sekolah. 2) pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan dalam pembelajaran di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan insidental, pembiasaan dan pemberian keteladanan. 3) langkah evaluasi dilaksanakan oleh guru mata pelajaran, guru BP/BK, dan rapat pleno dewan guru. 4) tindak lanjut dilakukan dengan pemberian sanksi, komunikasi dengan orang tua siswa, monitoring, menggiatkan kegiatan religi dan keteladanan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, pendidikan karakter, religi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 17 Dec 2014 14:19 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 03:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31372 |
Actions (login required)
View Item |