Pengelolaan Pendidikan Karakter Berbasis Religi di SMK Muhammadiyah Delanggu

Besar, Endri Yunanta and , Prof. Dr. Yetty Sarjono M.Si and , Dra. Wafroturrohmah, SE, MM. (2014) Pengelolaan Pendidikan Karakter Berbasis Religi di SMK Muhammadiyah Delanggu. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF ( Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (256kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah : 1) untuk mendeskripsikan perencanaan pendidikan karakter berbasis religi, 2 )untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter berbasis religi, 3) untuk mendeskripsikan langkah evaluasi pendidikan karakter berbasis religi, dan 4) untuk mendeskripsikan tindak lanjut pendidikan karakter berbasis religi di SMK Muhammadiyah Delanggu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan desain metode naturalistik ethnographic. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan siswa yang aktif dalam kegiatan sekolah. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan observasi terus menerus dan triangulasi. Berdasar hasil penelitian disimpulkan : 1) perencanaan pendidikan karakter berbasis religi disusun berdasar visi, misi dan tujuan sekolah. 2) pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan dalam pembelajaran di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan insidental, pembiasaan dan pemberian keteladanan. 3) langkah evaluasi dilaksanakan oleh guru mata pelajaran, guru BP/BK, dan rapat pleno dewan guru. 4) tindak lanjut dilakukan dengan pemberian sanksi, komunikasi dengan orang tua siswa, monitoring, menggiatkan kegiatan religi dan keteladanan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, pendidikan karakter, religi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 17 Dec 2014 14:19
Last Modified: 20 Oct 2021 03:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31372

Actions (login required)

View Item View Item