, Ahmadi and , Dr. Samino, M.M. and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag. (2014) Manajemen Sumber Daya Manusia Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun 2013/2014. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (145kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (676kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (119kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
|
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Download (50kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Manajemen Sumber Daya Manusia Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun 2013/2014. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen perencanaan, pengadaan, pengembangan, kompensasi, dan manajemen penilaian kinerja Sumber Daya Manusia (Guru) di SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun 2013/2014? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah para pengelola manajemen Sumber Daya Manusia di SMK Muhammadiyah Kartasura dan objeknya adalah Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, dan Guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) manajemen perencanaan Tenaga Pendidik di SMK Muhammadiyah Kartasura adalah dengan menentuan kebutuhan guru dilaksanakan berdasarkan atas hasil analisis data, informasi dan prediksi masa yang akan datang, berupa tabel analisis kebutuhan tenaga pendidik dengan memperhitungkan rasio jumlah tenaga pendidik dengan jumlah jam mata pelajaran yang tersedia dan langkah-langkah yang ditempuh dalam perencanaan tenaga pendidik adalah a) membuat tugas pokok, wewenang, dan tanggung jawabnya, b) menganalisis tugas, wewenang, dan tanggung jawab, c) menentukan jumlah tenaga pendidik yang dibutuhkan, d) mencari tenaga pendidik yang tepat, 2) manajemen pengadaan SDM tenaga pendidik di SMK Muhammadiyah Kartasura meliputi: rekrutmen, seleksi, penempatan secara langsung, 3) manajemen pengembangan tenaga pendidik di SMK Muhammadiyah Kartasura dilakukan melalui dua bentuk pelatihan, yaitu pelatihan diselenggarakan di dalam lingkungan sekolah sendiri (in house training) dan pelatihan di luar lembaga/ instansi, 4) manajemen kompensasi tenaga pendidik di SMK Muhammadiyah Kartasura, meliputi: kompensasi langsung (Finansial), kompensasi tidak langsung (Non Finansial), dan penghargaan bagi SDM tenaga pendidik yang dapat membimbing siswa sampai siswa mendapatkan peringkat yang bersifat berjenjang yaitu dari tingkat kabupaten hingga Nasional semakin tinggi jenjangnya maka semakin besar bentuk kompensasinya, 5) manajemen penilaian kinerja SDM tenaga pendidik di SMK Muhammadiyah dilakukan berdasarkan beberapa sub pokok, meliputi: kehadiran (40 %), MSG (Kehadiran Apel Pagi) (15 %), kegiatankegiatan sekolah (rapat, pengajian, kepanitiaan dan workshop/ seminar) (15 %), administrasi (tugas, wewenang, dan tanggung jawab) (20 %), dan angket siswa (10 %).
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Sumber Daya Manusia, Mutu, dan Pendidikan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 17 Dec 2014 12:05 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31356 |
Actions (login required)
View Item |