Muchlishin, Muhammad and , Fatah Yasin Al Irsyadi, S.T., M.T (2014) Aplikasi Game Pengenalan Anggota Tubuh untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita Berbasis Kinect. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (751kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (481kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (768kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) |
Abstract
Anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita adalah seseorang dalam keadaan keterbelakangan mental yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata dibandingkan dengan anak normal pada umumnya. Proses belajar anak tunagrahita membutuhkan media yang dapat menarik dan meningkatkan minat belajarnya, salah satu medianya adalah game. Penelitian bertujuan untuk membangun sebuah game yang bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan bagianbagian dari anggota tubuh. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang dan membangun sebuah game pengenalan anggota tubuh yang bersifat mendidik, menarik dan interaktif serta mampu menjadi media pembelajaran pengenalan anggota tubuh untuk ABK tunagrahita sesuai dengan kurikulum yang digunakan SLB-C YPSLB Surakarta. Metode yang digunakan dalam pembuatan game adalah SDLC. SDLC (System Development Life Cycle) yaitu suatu metode pengembangan sistem informasi yang popular pada saat sistem informasi pertama kali berkembang. Metode ini memaparkan siklus hidup pengembangan sistem dalam perancangan dan pembangunan game yang dilakukan oleh analisis sistem informasi dan programmer dengan melalui tahapan seperti, definisi kebutuhan, analisa kebutuhan, perancangan, pembangunan sistem, pengujian sistem dan perawatan sistem. Pembuatan game ini menggunakan software utama Unity3D, Kinect SDK dan software pendukung 3DsMax, audacity. Hasil yang didapat dalam penilaian melalui kuisioner yang elah diujikan di kelas 1 SD SLB-C YPSLB Surakarta didapat kesimpulan bahwa semua guru menjawab sangat setuju bahwa aplikasi game pengenalan anggota tubuh berbasis kinect yang di dalamnya terdapat menu pengenalan anggota tubuh dan pertanyaan mengenai fungsi anggota tubuh ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang bersifat mendidik, menarik, interaktif dalam materi pengenalan anggota tubuh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anggota tubuh, game edukasi, kinect , unity3D |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Dec 2014 11:25 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 06:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31344 |
Actions (login required)
View Item |