Nasikha, Dzurotun and , Umi Fadlillah, S.T., M.Eng. (2014) Aplikasi Pembelajaran Membaca Al -Qur’an dengan Metode Tsaqifa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (845kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (171kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Fenomena yang terjadi saat ini adalah ketidakpedulian kaum muslimin terhadap kitabnya, tidak bisa membaca Al-Qur’an adalah hal biasa bukan aib yang harus ditutupi. Hal ini disebabkan karena informasi yang diterima tentang Al-Qur’an adalah salah dan cenderung memprovokasi agar menjauhi Al-Qur’an. Belajar membaca Al-Qur’an akan lebih mudah apabila belajar melalui metode tsaqifa. Banyak masyarakat sekarang tidak memperhatikan tentang cara belajar membaca Al-Qur’an dengan benar. Tugas akhir ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode tsaqifa. Proses penelitian yang dilakukan dengan penggumpulan data melalui dokumentasi dan studi pustaka. Tahap pembuatan aplikasi menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) yaitu pencarian data, perancangan, pembuatan dan pengujian. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software Construct2 untuk merancang aplikasi. Coreldraw X5 dan Adobe Photoshop5 untuk mengedit gambar dan Audacity 1.3 Beta untuk mengedit audio. Hasil akhir dari aplikasi pembelajaran membaca al-qur’an dengan metode tsaqifa ini yaitu aplikasi berbasis dekstop berupa CD bersifat read only dan berbasis website offline. Isi dari aplikasi berupa pengenalan huruf hijaiyah yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 18 huruf hijaiyah dan 10 huruf hijaiyah, pengenalan tanda baca atau harokat, latihan potongan ayat al-qur’an, ilmu tajwid terapan dan quiz. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan ke responden melalui kuisioner di TPQ Al-Fadhillah Kartasura dapat disimpulkan bahwa 97% guru dan 91,25 siswa menyatakan aplikasi pembelajaran ini dapat membantu siswa dalam belajar membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Construct2, Metode Tsaqifa, Pembelajaran |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Dec 2014 10:09 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 06:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31343 |
Actions (login required)
View Item |