Aplikasi Pembelajaran Cara Menggambar untuk PAUD

Handayani, Etik Dwi and , Umi Fadlillah, S.T., M.Eng. (2014) Aplikasi Pembelajaran Cara Menggambar untuk PAUD. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (574kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pendidikan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, sosio emosional bahasa dan komunikasi, sesuai keunikan dan tahap-tahap perkembangan anak usia dini. Kegiatan untuk mengembangkan kreatifitas anak dan melatih kecerdasan emosional anak dapat dilakukan melalui pendidikan seni. Salah satu jenis pendidikan seni adalah menggambar berbagai gambar. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran baru berupa aplikasi yang interaktif dengan materi menggambar bunga, buah, dan binatang. Aplikasi pembelajaran ini diharapkan mampu mempermudah kegiatan belajar menggambar anak PAUD dan membantu pendidik dalam menyampaikan materi menggambar. Perancangan dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan aplikasi onstruct 2 berbasis HTML5 untuk mengolah data menggunakan fitur visual effect serta pengaturan event dan action pada setiap layout hingga menjadi materi menggambar, animasi, dan game dalam satu project aplikasi pembelajaran cara menggambar. Pada penelitian ini terbangun sebuah aplikasi pembelajaran cara menggambar untuk PAUD yang berisi 3 jenis kelompok materi dengan metode menggambar merangkai garis dari tahap awal membuat sebuah gambar hingga tahap mewarnai, serta dilengkapi game edukasi yang menarik dan interaktif. Berdasarkan pengujian yang dilaksanakan di KB IT & RA Permata Hati Jebres dapat disimpulkan bahwa 80% guru dan 96% siswa menyatakan aplikasi pembelajaran ini membantu belajar menggambar para siswa dan membantu pendidik menyampaikan materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Construct 2, PAUD, Pendidikan seni
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Dec 2014 08:33
Last Modified: 08 Nov 2022 03:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31338

Actions (login required)

View Item View Item