Harun, Lukman and , Drs. Sujalwo, M.Kom and , Hernawan Sulistyanto, S.T., M.T. (2014) Pengembangan Model Aplikasi Pembelajaran Keanekaragaman Makhluk Hidup Menggunakan HTML5. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (986kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (744kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
PDF (Bab iii)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Aplikasi pembelajaran merupakan suatu program yang dirancang untuk membantu siswa dalam proses belajar. Aplikasi yang dibuat harus terdapat interaksi antar komponen-komponen pembelajaran sehingga bisa disebut sebagai aplikasi pembelajaran interaktif. Peneliti mengambil objek pada materi pembelajaran tentang keanekaragaman makhluk hidup yang terdiri dari beberapa sub materi yaitu ciri-ciri makhluk hidup, klasifikasi makhluk hidup dan sistem organisasi kehidupan. Dengan materi yang begitu banyak pasti akan sulit bagi siswa dalam mempelajarinya, maka peneliti mengambil inisiatif untuk membuat aplikasi pembelajaran tentang keanekaragaman makhluk hidup agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Perancangan aplikasi pembelajaran ini menggunakan metode Waterfall yang terdiri dari lima tahap yaitu : analisa kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, pengujian program dan penerapan program. Sedangkan untuk bahasa pemrograman yang digunakan yaitu html5, css3 dan javaScript. Hasil yang diperoleh dari penilaian kuesioner yang diberikan kepada siswa kelas tujuh dan guru SMP Muhammadiyah 5 Ulujami menyatakan 92% menyatakan aplikasi pembelajaran ini interaktif dan lebih dari 84% menyatakan aplikasi ini bisa menjadi media alternatif non konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Pembelajaran, Keanekaragaman Makhluk Hidup, HTML5 |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Dec 2014 11:45 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 03:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31269 |
Actions (login required)
View Item |