Kasih, Tifando Zulfikar and , Umi Fadlillah, ST. MEng and , Dedy Ari Prasetya, ST.Meng (2014) Aplikasi augmented reality sebagai media pembelajaran manasik haji berbasis android device. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (359kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan )
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (478kB) |
|
|
PDF (Bab I )
2._BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II )
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
PDF (Bab III )
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV )
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
||
PDF (Bab V )
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran )
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
Abstract
Dengan adanya kemajuan di bidang teknologi dan pendidikan saat ini, salahsatu upaya dalam menunjang kegiatan belajar mengajar adalah dengan menggunakan sarana Teknologi Augmented Reality (AR), yaitu penggabungan antara dunia nyata dan dunia maya, di mana objek virtual overlayed pada dunia nyata. Dari segi teknis, teknologi augmented reality merupakan teknologi transformatif, dimana sistem interaksi melingkupi keseluruhan lingkungan di luar tampilan layar. Dari segi strategis, pemanfaatan alat peraga berbasis teknologi augmented reality sangat bermanfaat dalam meningkatkan proses belajar mengajar karena teknologi augmented reality memiliki aspek-aspek hiburan yang dapat menggugah minat peserta didik untuk memahami secara kongkret mengenai pengetahuan umum melalui representasi visual 3D dengan melibatkan interaksi user dalam frame augmented reality. Penulis merancang sebuah aplikasi Augmented Reality sebagai media pembelajaran menggunakan program Blender yang berlisensi open-source sehingga dapat diunduh langsung pada situsnya. Modelling, texturing dan gaming adalah proses dalam pembuatan sistem pemandu tersebut. Modelling adalah proses pembuatan obyek Kabah beserta model jamaahnya, simulasi tawah, sa’i, wukuf, dan lempar jumrah menjadi virtual 3 dimensi, texturing adalah proses pemberian warna pada objek 3 dimensi yang dibuat dan Gaming adalah prosespembuatan sistem agar dapat dijalankan secara interaktif.Alat peraga menggunakan sistem Augmented Reality lebih mudah dipahami dibandingkan alat peraga konvensional. Melalui alat peraga ini siswa seolaholah dihadapkan pada objek yang dipelajari secara nyata sehingga Proses Belajar Mengajar lebih menyenangkan bahkan alat peraga dengan sistem Augmented Reality dapat membantu peserta didik untuk memahami materi pelajaran Manasik Haji dengan mudah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Android, Augmented Reality, Blender, Haji, Manasik, Unity 3D |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 04 Dec 2014 14:54 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 02:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31183 |
Actions (login required)
View Item |