Khikmah, Nunik Zahirotul and , Drs. Djaelani, M.Pd and , Sri Slamet, S.Pd, M.Hum. (2014) Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B Ra Al Hikmah Paninggaran Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (666kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (162kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (925kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kecerdasan naturalis anak kelompok B di RA Al Hikmah Paninggaran Pekalongan tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini penelitian eksperimen true experimental desings yaitu prettets-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah anak RA Al Hikmah Paninggaran. Siswa kelompok B 38 siswa sebagai kelompok eksperimen. Siswa kelompok A 27 anak sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ttest menggunakan SPSS 16.0 for windows. Skor rata-rata observasi awal kecerdasan naturalis anak kelompok eksperimen (Mean=16,87 SD=1,83). Hasil skor rata-rata-rata observasi awal kecerdasan naturalis anak kelompok kontrol (Mean=16,22 SD=1,761). Skor rata-rata observasi akhir kecerdasan naturalis anak kelompok eksperimen (Mean=20,24 SD=1,715). Skor rata-rata observasi akhir kecerdasan naturalis anak kelompok kontrol (Mean=16,25 SD=1,767). Hasil analisis data kelompok eksperimen menggunakan ttest memperoleh -thitung ≤ ttabel yaitu -7,406 ≤ -1,687 dengan probabilitas 0,000 < =0,05 maka hipotesis nol ditolak yang berarti terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kecerdasan naturalis anak kelompok B di RA Al Hikmah Paninggaran Pekalongan tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kontekstual, kecerdasan naturalis, anak TK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 03 Dec 2014 14:38 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 16:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31161 |
Actions (login required)
View Item |