Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B Ra Al Hikmah Paninggaran Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014

Khikmah, Nunik Zahirotul and , Drs. Djaelani, M.Pd and , Sri Slamet, S.Pd, M.Hum. (2014) Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B Ra Al Hikmah Paninggaran Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (666kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (925kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kecerdasan naturalis anak kelompok B di RA Al Hikmah Paninggaran Pekalongan tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini penelitian eksperimen true experimental desings yaitu prettets-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah anak RA Al Hikmah Paninggaran. Siswa kelompok B 38 siswa sebagai kelompok eksperimen. Siswa kelompok A 27 anak sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ttest menggunakan SPSS 16.0 for windows. Skor rata-rata observasi awal kecerdasan naturalis anak kelompok eksperimen (Mean=16,87 SD=1,83). Hasil skor rata-rata-rata observasi awal kecerdasan naturalis anak kelompok kontrol (Mean=16,22 SD=1,761). Skor rata-rata observasi akhir kecerdasan naturalis anak kelompok eksperimen (Mean=20,24 SD=1,715). Skor rata-rata observasi akhir kecerdasan naturalis anak kelompok kontrol (Mean=16,25 SD=1,767). Hasil analisis data kelompok eksperimen menggunakan ttest memperoleh -thitung ≤ ttabel yaitu -7,406 ≤ -1,687 dengan probabilitas 0,000 < =0,05 maka hipotesis nol ditolak yang berarti terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kecerdasan naturalis anak kelompok B di RA Al Hikmah Paninggaran Pekalongan tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kontekstual, kecerdasan naturalis, anak TK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 03 Dec 2014 14:38
Last Modified: 19 Oct 2021 16:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31161

Actions (login required)

View Item View Item