Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Melalui Metode Eksperimen Di Kelompok B Bustanul Athfal Aisyiyah Palur I Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2013 /2014

Saraswati, Nina and , Drs. Djaelani, M.Pd and , Wili Astuti, S.Pd, M.Hum (2014) Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Melalui Metode Eksperimen Di Kelompok B Bustanul Athfal Aisyiyah Palur I Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2013 /2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran_fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi.pdf

Download (609kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilakukan dua siklus yang setiap siklus terdiri atas empat rangkaian kegiatan yang dilakukan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep sains melalui metode eksperimen di kelompok B Bustanul Athfal Palur I Mojolaban Sukoharjo. Pengumpuan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian siswa kelompok B yang terdiri atas 23 anak. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Pencapaian indikator ditandai apabila nilai ketuntasan 2,5. Hasil penelitian menunjukan prasiklus rata – rata 1,6 dengan skala 4,0, Siklus I rata – rata 2,12 dengan skala 5,0 dan siklus II rata – rata 2,93 dengan skala 20. Dapat diketahui pemahaman konsep sains dari prasiklus berjumlah empat anak dengan skor 17,39%, siklus I berjumlah lima anak dengan skor 21,74% dan siklus II dengan skor 87%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep sains di kelompok B Bustanul Athfal Aisyiyah Palur I Mojolaban Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konsep sains anak, metode eksperimen,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 03 Dec 2014 14:27
Last Modified: 19 Oct 2021 16:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31160

Actions (login required)

View Item View Item