Saputri, Noni Marlini and , Drs.Saring Marsudi, SH, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPS Melalui Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas III Semester I SDN Tompegunung Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (254kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_SAMPUL_SKRIPSI.pdf Download (264kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_NONI.pdf Download (133kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_NONI.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_NONI.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf Download (140kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (852kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran IPS melalui strategi Role Playing.Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas III dan guru SDN Tompegunung pada tanggal 29 September sampai 7 Oktober 2014. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama, kedua, dilakukan masing-masing dua kali pertemuan.Subyeknya Siswa kelas III SDN Tompegunung yang berjumlah 20 siswa dan obyeknya adalah minat belajar siswa serta strategi Role Playing.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Indikator Minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS adalah sebagai berikut: (1) Ada rasa suka dan senang pada hal yang diminati; (2) Memiliki kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang sesuatu yang dipelajari secara permanen; (3) Ada kepuasan tersendiri kepada suatu aktifitas-aktifitas yang diminati; (4) Dimanifestasikan melalui partisipasi pada aktivitas dan kegiatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan minat belajar IPS siswa kelas III SDN Tompegunung setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Role Playing. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I, siklus II. Pada pra siklus terdapat minat belajar IPS siswa rendah dengan nilai presentase 38,5%, siklus I terdapat minat belajar IPS siswa sedang dengan nilai rata-rata presentase 62 %, minat belajar IPS siswa kemudian dimantapkan kembali pada siklus II mengalami peningkatan 92,5% dengan kategori sangat baik. Hal ini membuktikan adanya peningkatan minat belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran Role Playing.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, minat belajar IPS, strategi Role Playing. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Dec 2014 09:29 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31138 |
Actions (login required)
View Item |