Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPS Melalui Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas III Semester I SDN Tompegunung Tahun Pelajaran 2014/ 2015

Saputri, Noni Marlini and , Drs.Saring Marsudi, SH, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPS Melalui Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas III Semester I SDN Tompegunung Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (254kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_SAMPUL_SKRIPSI.pdf

Download (264kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_NONI.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_NONI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_NONI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran IPS melalui strategi Role Playing.Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas III dan guru SDN Tompegunung pada tanggal 29 September sampai 7 Oktober 2014. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama, kedua, dilakukan masing-masing dua kali pertemuan.Subyeknya Siswa kelas III SDN Tompegunung yang berjumlah 20 siswa dan obyeknya adalah minat belajar siswa serta strategi Role Playing.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Indikator Minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS adalah sebagai berikut: (1) Ada rasa suka dan senang pada hal yang diminati; (2) Memiliki kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang sesuatu yang dipelajari secara permanen; (3) Ada kepuasan tersendiri kepada suatu aktifitas-aktifitas yang diminati; (4) Dimanifestasikan melalui partisipasi pada aktivitas dan kegiatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan minat belajar IPS siswa kelas III SDN Tompegunung setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Role Playing. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I, siklus II. Pada pra siklus terdapat minat belajar IPS siswa rendah dengan nilai presentase 38,5%, siklus I terdapat minat belajar IPS siswa sedang dengan nilai rata-rata presentase 62 %, minat belajar IPS siswa kemudian dimantapkan kembali pada siklus II mengalami peningkatan 92,5% dengan kategori sangat baik. Hal ini membuktikan adanya peningkatan minat belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran Role Playing.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, minat belajar IPS, strategi Role Playing.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Dec 2014 09:29
Last Modified: 14 Oct 2021 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31138

Actions (login required)

View Item View Item