Ningsih, Utami and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Analisis Kesulitan Guru Matematika Kelas VII Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Di SMP N 12 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (302kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (45kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (190kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru matematika kelas VII dalam menerapkan Kurikulum 2013 di SMP N 12 Surakarta. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penerima tindakan adalah guru mata pelajaran matematika kelas VII yang berjumlah dua responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data secara induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara teknis penerapan Kurikulum 2013 sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Angket dari guru matematika yang bernama Sri Mulyani, S.Pd, memperoleh skor 26 dari skor maksimal 36 atau sebesar 72,22%. 2) Angket guru matematika yang bernama Kucisti Ike RSP, S.Pd, M.Pd, memperoleh skor 25 dari skor maksimal 36 atau sebesar 69,44%. Namun dari hasil wawancara, ditemukan adanya kesulitankesulitan yang dihadapi oleh guru matematika, antara lain: (1) penyesuaian diri guru dalam penerapan scientific approach masih kurang, guru matematika masih sering mendominasi kelas. (2) guru belum terbiasa mengaktifkan siswa dalam aktivitas pembelajaran. (3) buku Siswa yang isinya terlalu terjabar sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami, serta contoh soal dan latihan yang masih kurang banyak. (4) untuk proses penilaian guru masih menemukan kesulitan karena keanekaragaman karakteristik siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Kurikulum 2013 pada kelas VII di SMP N 12 Surakarta secara teknis sudah berjalan lancar, namun masih ada kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru matematika yaitu tentang penilaian, buku pegangan, dan kemampuan setiap siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan, menerapkan, kurikulum 2013. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Dec 2014 07:40 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 22:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31134 |
Actions (login required)
View Item |