Setiawan, Andung and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Course Review Horray Pada Kelas 5 SDN Cepoko Sawit Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
00_HALAMAN_AWAL.pdf Download (435kB) |
|
|
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
||
PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (69kB) |
|
PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (251kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Cepokosawit pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan strategi pembelajaran COURSE REVIEW HORRAY. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yaitu suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelasnya. Subyek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas V SDN 2 Cepokosawit.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dantes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian untuk masing - masing indicator motivasi belajar dapat dijabarkan sebagai berikut: A.) Indikator Lebih Senang belajar mandiri pada tahap prasiklus menunjukan prosentase sebesar 33,92 %, kemudian pada siklus 1 pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 42,85 %. Kemudian pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 56,25 %. Kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 81,24%. B.) Tekun dalam menghadapi tugas yang diberikan di dalam kelompok pada tahap prasiklus menunjukan prosentase sebesar 32,14 % kemudian pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 44,14 %. Kemudian pada Siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 75% C.) Indikator Senang mencari dan memecahkan soal-soal pada tahap prasiklus menunjukan prosentase sebesar 32,92 %, kemudian pada siklus 1 mengalami peningkatan yaitu 39,48 %. Kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 75,88%. D.) Indikator aktif dalam mengerjakan soal pada tahap prasiklus menunjukan prosentase sebesar 30,35 %. Kemudian pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 41,96 %. Kemudian pada siklus 2 menjadi 78,57%. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil belajar siswa pada tahap prasiklus menunjukan prosentase sebesar 64,28% untuksiswatidakmemenuhi KKM sedangkan 35,72% memenuhi KKM. Hasil belajar pada Siklus 1 menunjukan prosentase sebesar 42,85 % belum memenuhi KKM. Sedangkan sebanyak 57,15% telah memenuhi KKM. Pada siklus 2, hasil belajar matematika siswa sebanyak 14,28% belum memenuhi KKM 85,72% siswa sudah memenuhi KKM yang ditentukan
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Course Review Horray, Motivasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 23 Dec 2014 11:39 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 06:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31125 |
Actions (login required)
View Item |