Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kalangbancar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013

WIJAYA, Neneng Kurniawati and , Prof. Harun Joko Prayitno, M.Hum. and , Drs.Andi Haris Prabowo, M.Hum (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kalangbancar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (347kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran menulis merupakan salah satu bentuk keterampilan berbahasa yang melibatkan berbagai unsur. Keberhasilan proses pembelajaran menulis ditunjang oleh berbagai unsur. Salah satu unsure penunjangnya adalah pemilihan media yang sesuai di samping unsur latihan atau praktik dan bimbingan dari guru. Penggunaan media gambar seri diharapkan mampu menarik siswa untuk berlatih menulis karangan yang terorganisasi dengan baik, dapat mengembangkan ide maupun gagasan melalui gambar seri yang diperlihatkan sehingga menjadi suatu karangan yang runtut. Dalam menyusun suatu karangan harus memperhatikan kata-kata yang lebih baku, ejaan kohesi, koherensi yang digunakan dalam menulis karangan narasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kalangbancar Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan desain penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK temasuk penelitian kualitatif, meskipun data yang di kumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif, di mana uraiannya bersifat deskriptif dalam bentuk kata-kata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menulis siswa kelas V SD Negeri 1 Kalangbancar Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2012/2013. Peningkatan menulis narasi tersebut diketahui dari tes kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 62,7 dan termasuk dalam kategori cukup baik. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 72,9 dan termasuk dalam kategori cukup baik. Dengan demikian, ada peningkatan dari kondisi awal sebesar 10,2. Pada siklus II nilai rata-rata yang dicapai adalah sebesar 87,9 dan termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, terjadi peningkatan yaitu sebesar 15,0 dari hasil siklus I dan 25,2 dari hasil kondisi awal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis, siswa, gambar seri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Nov 2014 11:59
Last Modified: 20 Oct 2021 02:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31058

Actions (login required)

View Item View Item