Widianingsih, Nur and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. and , Drs. Arief Wibowo, M.Ag. (2014) Korelasi Kegiatan Ekstrakurikuler Dengan Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosial Siswa Kelas V Di Mi Al Islam Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN__DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (202kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKSI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang menekankan kepada pengembangkan pribadi siswa dengan segala aktivitas yang diminatinya yang dilaksanakan di luar jam pelajaran biasa. Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Kartasura salah satu sekolah yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, seperti pramuka, pencak silat, olahraga, seni tari, kalgrafi, qiroah, dan hasta karya. Melihat hal tersebut, penulis tertarik untuk meneliti hubungan kegiatan ekstrakurikuler di MI Al Islam Kartasura dengan upaya peningkatan kecerdasan sosial siswa. Karena kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam aspek kognitif, psikomotor, dan afektif serta membantu siswa untuk mengembangkan bakat dan minat dalam upaya pembinaan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi kegiatan ekstrakurikuler dengan upaya peningkatan kecerdasan sosial siswa kelas V di MI Al Islam Kartasura. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 91 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik, karena data yang diperoleh berupa angka- angka dan bersifat kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah Korelasi Product Moment Hasil analisis data menggunakan Korelasi Product Moment menunjukkan bahwa koefisien korelasi 0, 33 ( 0,33), dengan taraf signifikansi 5%= 0,217 dan pada taraf signifikansi 1%= 0,283. Karena lebih besar dari r tabel, maka hipotesis alternatif diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler dengan kecerdasan sosial siswa. Hal ini dikarenakan adanya kerja sama dari semua pihak sekolah dan juga keantusiasan siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Ekstrakurikuler, Kecerdasan Sosial |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 17 Nov 2014 13:31 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30880 |
Actions (login required)
View Item |