Korelasi Kegiatan Ekstrakurikuler Dengan Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosial Siswa Kelas V Di Mi Al Islam Kartasura

Widianingsih, Nur and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. and , Drs. Arief Wibowo, M.Ag. (2014) Korelasi Kegiatan Ekstrakurikuler Dengan Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosial Siswa Kelas V Di Mi Al Islam Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN__DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (202kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang menekankan kepada pengembangkan pribadi siswa dengan segala aktivitas yang diminatinya yang dilaksanakan di luar jam pelajaran biasa. Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Kartasura salah satu sekolah yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, seperti pramuka, pencak silat, olahraga, seni tari, kalgrafi, qiroah, dan hasta karya. Melihat hal tersebut, penulis tertarik untuk meneliti hubungan kegiatan ekstrakurikuler di MI Al Islam Kartasura dengan upaya peningkatan kecerdasan sosial siswa. Karena kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam aspek kognitif, psikomotor, dan afektif serta membantu siswa untuk mengembangkan bakat dan minat dalam upaya pembinaan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi kegiatan ekstrakurikuler dengan upaya peningkatan kecerdasan sosial siswa kelas V di MI Al Islam Kartasura. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 91 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik, karena data yang diperoleh berupa angka- angka dan bersifat kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah Korelasi Product Moment Hasil analisis data menggunakan Korelasi Product Moment menunjukkan bahwa koefisien korelasi 0, 33 ( 0,33), dengan taraf signifikansi 5%= 0,217 dan pada taraf signifikansi 1%= 0,283. Karena lebih besar dari r tabel, maka hipotesis alternatif diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler dengan kecerdasan sosial siswa. Hal ini dikarenakan adanya kerja sama dari semua pihak sekolah dan juga keantusiasan siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Ekstrakurikuler, Kecerdasan Sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 17 Nov 2014 13:31
Last Modified: 19 Oct 2021 13:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30880

Actions (login required)

View Item View Item