Ngaisah, Siti Nur and , Drs. Zainal Abidin, M.Ag. (2014) Pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam pada siswa sdit abu ja’far munggur karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf Download (208kB) |
|
PDF (Bab II )
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
PDF (Bab III )
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
PDF (Bab V )
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF ( Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (837kB) |
Abstract
Rumusan masalah sebagai berikut: 1) Apa usaha bimbingan yang dilakukan orangtua terhadap anaknya dalam mencapai keberhasilan Pendidikan Agama Islam di SDIT Abu Ja’far Munggur karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. 2) Adakah pengaruh bimbingan Pendidikan Islam orangtua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SDIT Abu Ja’far Munggur Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan usaha-usaha yang dilakukan orangtua terhadap anaknya dalam mencapai keberhasilan Pendidikan Agama Islam di SDIT Abu Ja’far Munggur Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh bimbingan Pendidikan Islam orangtua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SDIT Abu Ja’far Munggur Karanganyar2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau kehidupan yang sebenarnya, sedangkan sifat penelitian ini bersifat kuantitatif, metode penentuan subyek menggunakan populasi dan sampel, teknik pengumpulan data menggunakan Angket, dokumentasi dan wawancara dan teknik analisis yang dipakai menggunakan analisis statistik dengan rumus “t” tes. Dalam proses analisis data menempuh beberapa langkah yaitu: mencari D (difference = Perbedaan), menjumlahkan D, mencari Mean dari D, menguadratkan D, mencari deviasi standar dari D, mencari standar error dari mean of D, mencari to, interpretasi terhadap to dan menarik kesimpulan dari hasil penelitian. Melalui pengolahan data diperoleh nilai to= - 0,796 dengan df = 11. Pada taraf signifikan 5% didapat nilai 2,20 dan taraf signifikan 1% didapat nilai 3,11. Hasil akhir diperoleh thitung lebih kecil daripada ttabel atau 2,20>-0,796<3,11. Maka Ha yang diajukan ditolak dan Ho diterima, ini membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan pretasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SDIT Abu Ja’far Munggur Karanganyar yang mendapat bimbingan Pendidikan Agama Islam Orang tua dengan yang tidak mendapatkan bimbingan pendidikan Agama Islam orang tua dirumah. Namun dengan rata-rata perstasi belajar siswa yang mendapatkan bimbingan pendidikan Agama Islam dari orang tua di rumah sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak mendapat bimbingan yaitu 85,41 > 83,75, berarti bahwa adanya bimbingan orang tua sedikit memberikan pengaruh terhadap prestasi pendidikan Agama Islam siswa SDIT Abu Ja’far Munggur Karanganyar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Orang Tua dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 17 Nov 2014 12:36 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30872 |
Actions (login required)
View Item |