Akhyar, Feri and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Drs. Arif Wibowo, M.Ag. (2014) Manajemen Pendidikan Islam Nonformal Di Masjid Hidayatul Ummah Puspan Blulukan Colomadu Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab VI)
8._Bab_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._Daftar_Pustaka.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (274kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang harus di dapat dan dilakukan oleh manusia karena dengan pendidikan manusia dapat mengetahui apa-apa yang belum diketahui dan dengan pendidikan manusia dapat berfikir cerdas dan mempunyai skill. Begitu juga dengan pendidikan agama, pendidikan keagamaan sangat penting dimiliki oleh setiap makhluk terutama seorang muslim, karena dengan ilmu agama inilah seseorang akan selamat hidup di dunia dan di akhirat. Pendidikan tidak hanya didapat di sekolah (pendidikan formal) saja, tetapi alam, pengalaman, masyarakat dan ligkungan sekitar juga dapat di jadikan sebagai bahan dan sumber belajar, yang di sini disebut dengan pendidikan nonformal. Dengan pendidikan nonformal yang berbasis keagamaan yang dilaksanakan di masjid dapat membantu masyarakat untuk memiliki ilmu pengetahuan yang luas terutama dalam hal agama, bagi orang-orang atau masyarakat yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan secara formal (dibangku sekolah). Adapun permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apa saja yang akan dilakukan dalam mengelola pendidikan nonformal yang dilaksanakan di masjid, serta apakah ada faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pengelolaan manajemen pendidikan nonformal di masjid. Objek penelitian ini adalah Masjid Hidayat al-Ummah yang ada di Puspan Blukukan Colomadu, dengan jenis penelitian lapangan dan melalui pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi bagaimana tata kelola manajemen pendidikan nonformal yang dilaksanakan di Masjid Hidayat al-Ummah Puspan Blukukan Colomadu tahun 2013/2014. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: pertama dengan menggunakan metode Observasi yang bertujuan untuk memperoleh data tentang keadaan serta bagaimana tata kelola manajemen dari Masjid Hidayat al-Ummah. Kedua metode wawancara, bertujuan untuk memperoleh data tentang tinjauan historis dari masjid tersebut, pelaksanaan kegiatan dan kendala yang ditemukan dalam memanaj pendidikan nonformal di Masjid Hidayat al-Ummah. Ketiga dokumentasi, bertujuan untuk memperoleh data sekunder Masjid Hidayat al-Ummah, dan yang terakhir analis data, dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, serta menggunakan pendekatan intraksionis. Hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa dalam pengelolaan manajemen pendidikan nonformal di Masjid Hidayat al-Ummah adalah pertama adanya perencanaan, kedua pelaksanaan kegiatan, ketiga kepemimpinan dan keahlian serta keempat adanya pendidikan dalam semua kalangan. Dari keempat tata kelolah manajemen tersebut, masjid Hidayat al-Ummah dapat maju dan berkembang secara signifikan ditandai dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan mulai dari pengajian-pengajian, kajian remaja masjid, kajian tahsin al-Qur’an, taman pendidikan al-Qur’an, serta adanya pemberantasan masyarakat miskin dan penyantunan anak yatim. Kemajuan masjid tersebut tidak lepas dari tata kelolah manajemen yang baik oleh takmir masjid dan masyarakat sekitar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pendidikan Islam Nonformal |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Nov 2014 08:59 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30864 |
Actions (login required)
View Item |