Efektivitas Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Keberhasilan Siswa Kelas IV Di MI Al-Islam Kartasura

Wulandari, Ririn and , Drs. Zainal Abidin, M.Ag. and , Drs. Syaifuddin Zuhri, M.Ag. (2014) Efektivitas Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Keberhasilan Siswa Kelas IV Di MI Al-Islam Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab VI)
09._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses pengajaran adalah kegiatan belajar mengajar anak didik dalam mencapai suatu tujuan pengajaran. Tujuan itu sendiri akan tercapai apabila peserta didik ikut aktif dalam pencapaiannya. Pada proses pengajaran komponen yang sangat penting adalah media. Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang berguna untuk memudahkan proses belajar mengajar,dalam rangka mengefektifkan komunikasi antara guru dan siswa. Hal ini sangat membantu guru dalam mengajar dan memudahkan siswa menerima dan memahami pelajaran. Proses ini membutuhkan guru yang mampu menyelaraskan antara media pembelajaran dan metode pembelajaran. Media pembelajaran juga dapat dikatakan sebagai sumber belajar yang dapat membantu mencapai tujuan pembelajaran yaitu keberhasilan pembelajaran, karena dalam menyampaikan informasi lebih kongkrit yang disampaikan oleh kata-kata yang diucapkan. Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan permasalahan bagaimana efektivitas media pembelajaran PAI terhadap keberhasilan siswa kelas IV di MI Al-Islam Kartasura. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran PAI terhadap keberhasilan siswa kelas IV MI Al-Islam kartasura. Jenis penelitian ini tergolong jenis penelitian lapangan (field risearch) yang menghasilkan data deskripsi dengan membuat gambaran yang sistematis. Subjek penelitian yaitu populasi yang dapat mewakili sampel yaitu seluruh siswa kelas IV dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berjumlah 5 orang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah mengadakan obsevasi di kelas IV MI Al-Islam Kartasura dan serangkaian wawancara dengan guru PAI yang mengajar kelas tersebut. Penulis dapat menyimpulkan bahwa efektivitas media pembelajaran menjadi ukuran tingkat keberhasilan siswa, diawali dengan cara guru menyampaikan materi terhadap siswa melalui media pembelajaran (papan tulis, LCD, dan gambar) sampai selesai pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Tujuan pembelajaran dapat dilihat dari silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran seperti sikap dan aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran berlangsung. Bentuk sikap dan aktivitas keberhasilan siswa diantaranya perhatian, motivasi, keaktifan,keterlibatan langsung, pengulangan, balikan, penguatan dan perbedaan individual siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran PAI, keberhasilansiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Nov 2014 12:31
Last Modified: 19 Oct 2021 12:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30836

Actions (login required)

View Item View Item