Mawarni, Sri and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2014) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi Panas Dan Bunyi Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wonosari 1 Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
09_Publikasi.pdf Download (436kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
01_Halaman_Depan.pdf Download (489kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02_Bab_I.pdf Download (178kB) |
|
PDF (Bab II)
03_Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
PDF (Bab III)
04_Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
||
PDF (Bab IV)
05_Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (958kB) |
||
PDF (Bab V)
06_Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07_Daftar_Pustaka.pdf Download (161kB) |
|
PDF (Lampiran)
08_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sangat berperan dalam proses pendidikan dan juga perkembangan teknologi yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu sudah menjadi tugas guru dalam mengelola proses belajar mengajar adalah memilih metode pembelajaran yang sesuai, agar pembelajaran lebih menarik dan bermakna. Penerapan metode eksperimen sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang bermakna yang bermuara pada pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA materi sumber energi panas dan bunyi melalui metode eksperimen pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wonosari 1 Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek penelitian ditetapkan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wonosari 1 kecamatan Trucuk, kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 27 siswa terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan lima pertemuan. Tiap siklus ada empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal motivasi belajar yang bagus hanya 49,81% sedangkan hasil pra siklus siswa yang mencapai KKM sebesar 70 hanya 7 siswa (25,93%). Setelah dilakukan perbaikan pada siklus 1 motivasi siswa menjadi sebesar 73,70% dengan hasil belajar ada 18 siswa (66,67%) yang mencapai KKM. Pada siklus 2 motivasi belajar siswa sebesar 90,93% dengan hasil belajar ada 25 siswa (92,59%) yang mencapai KKM. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa “penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA materi sumber energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wonosari 1 Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2013/2014” adalah benar/diterima.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi dan hasil belajar, eksperimen, IPA Surakarta |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Oct 2014 08:07 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30614 |
Actions (login required)
View Item |