Purnomo, Sigit and , Drs. Mulyadi, S.K., M.Pd. (2014) Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Penerapan Strategi Guided Note Taking Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kebak Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (752kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (146kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf Download (136kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (469kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Penerapan Strategi Guided Note Taking pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kebak Tahun Ajaran 2013/2014 Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berdesain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Kebak Kab. Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 28 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan tekhnik analisis data interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan meyimak siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyimak. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pencapaian tahapan kemampuan menyimak dan hasil belajar siswa. Untuk tahapan kemampuan menyimak pada pra siklus 47,9%, siklus I pertemuan I 41,60%, siklus I pertemuan II 54,15%, siklus II pertemuan I 70,81%, dan pada siklus II pertemuan II 85,40%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus adalah 63,7 dan 50% siswa mencapai nilai tuntas. Pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata naik menjadi 56,7 dengan 14,28% siswa mencapai nilai tuntas dan pada pertemuan II 57,8 dengan 32,14% siswa mencapai nilai tuntas. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus II pertemuan I naik menjadi 78.0 dengan 62,28% siswa mencapai nilai tuntas dan pada pertemuan II naik menjadi 79,3 dengan 82,14% siswa mencapai nilai tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V di SD Negeri 03 Kebak tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan, menyimak, strategi, guided, note, taking, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 22 Oct 2014 14:47 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 06:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30600 |
Actions (login required)
View Item |