Ardianto, Satrio Sigit and , Drs. Saring Marsudi, S.H., M.Pd (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri Karungan 1 Plupuh Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_AWAL.pdf Download (431kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (959kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (275kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran dikelasnya. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Karungan 1, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Peristiwa Alam. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan peningkatan motivasi belajar yang tercermin dalam siswa yang merasa nyaman dengan lingkungan belajar nyaman pada prasiklus prosentase 38,89%, siklus I 61,12%, siklus II 83,34%. Siswa yang senang dengan kegiatan pembelajaran yang menarik pada prasiklus prosentase 22,22%, siklus I 52,78%, siklus II 88,89%. Siswa yang mempunyai kemauan mendengarkan penjelasan guru pada prasiklus prosentase 44,44%, siklus I 55,56%, siklus II 77,78%. Partisipasi aktif siswa saat proses pembelajaran di kelas pada prasiklus prosentase 16,67%, siklus I 33,34%, siklus II 72,23%. Adanya interaksi aktif antara guru dan siswa pada prasiklus prosentase 22,22%, siklus I 47,23%, siklus II 88,89%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Karungan 1 Plupuh tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi; Hasil; Belajar; Lightening; The Learning Climate |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 22 Oct 2014 14:30 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 05:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30599 |
Actions (login required)
View Item |