Irawan, Dani and , Drs. Mulyadi, SK.,S.H., M.Pd. (2014) Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing Siswa Kelas IV SD Negeri Godog 02 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (621kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (150kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (674kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar melalui metode pembelajaran role playing siswa kelas IV SD Negeri Godog 02 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Godog 02 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 14 siswa, sementara guru kelas IV SD Negeri Godog 02 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo sebagai partner kolaborasi sekaligus sebagai sumber data. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, catatan lapangan, dan metode tes. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan dengan penerapan metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SD Negeri Godog 02 tahun ajaran 2013/2014. Ketuntasan belajar siswa pada siklus II telah mencapai hasil optimal yaitu 100%, kemudian persentase keterampilan berbicara siswa mencapai 88,95% sehingga telah memenuhi indikator penelitian yang telah ditetapkan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | role playing, keterampilan, berbicara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2014 11:25 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 05:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30586 |
Actions (login required)
View Item |