Muftazani, Risali and , Drs. Muhroji, S. E., M. Si., M. Pd. (2014) Perbandingan Efektivitas Penerapan Strategi Reading Guide Berbasis Komik Dengan Modul Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Al-Islam 2 Jamsaren Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan efektivitas penerapan media komik dengan media modul terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Al-Islam 2 Jamsaren tahun 2013/2014 (2) Untuk mengetahui media pembelajaran yang lebih baik antara media komik dengan media modul terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Al-Islam 2 Jamsaren tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Al-Islam 2 Jamsaren tahun ajar 2013/2014 yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas VA, VB, VC, dan VD. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA yang diberikan perlakuan menggunakan media komik dan kelas VB yang diberikan perlakuan menggunakan media modul. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > -ttabel, yaitu -1,089 > -1,989 dan nilai rata-rata kelas VA lebih rendah dibandingkan nilai rata-rata kelas VB yaitu 83,38 < 86,07. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara efektivitas penerapan media komik dengan media modul terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Al-Islam 2 Jamsaren tahun 2013/2014, (2) Efektivitas penerapan media komik tidak lebih baik dari media modul terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Al-Islam 2 Jamsaren tahun 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas, media komik, media modul, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2014 09:22 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 12:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30582 |
Actions (login required)
View Item |