KARNANTO, ROBET and , Prof. Dr. H. Abdul Ngalim, MM, M.Hum. (2014) Karakteristik Tindak Tutur Pemakaian Slogan Iklan Partai Hanura Tahun 2012/2013 Dalam Kajian Pragmatik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (727kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (641kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (198kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) karateristik tindak tutur slogan iklan Partai Hanura Tahun 2012/2013 dalam kajian pragmatik, (2) faktorfaktor yang mempengaruhi bahasa iklan kampanye Partai Hanura Tahun 2012/2013. Objek penelitian dalam skripsi ini berupa slogan-slogan iklan Partai Hanura Tahun 2012/2013.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan dokumentasi dengan lanjutan teknik catat yaitu dengan mencaridata kemudian mencatat penggunaan tindak tuturyang terdapat pada slogan iklanPartai Hanura Tahun 2012/2013. Penggunaan teknik dokumentasi dengan cara memotret spanduk, gambar atau poster yang ada di jalan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode agih dengan teknik bagi unsur langsung. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Berdasarkan karateristik tindak tutur pemakaian slogan iklan Partai Hanura Tahun 2012/2013,ditemukan tiga jenis karateristik tindak tutur berupa pernyataan atau kalimat berita (deklaratif),pertanyaan (introgatif), dan tindak tutur perintah (imperatif) (2) Adapun faktor yang mempengaruhi tindak tutur slogan iklan Partai Hanura Tahun 2012/2013 terdapat 4 faktor, faktor budaya, sosial,agama,dan politik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kajian, pragmatik, iklan, partai |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 21 Oct 2014 13:13 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30572 |
Actions (login required)
View Item |