Karakteristik Tindak Tutur Pemakaian Slogan Iklan Partai Hanura Tahun 2012/2013 Dalam Kajian Pragmatik

KARNANTO, ROBET and , Prof. Dr. H. Abdul Ngalim, MM, M.Hum. (2014) Karakteristik Tindak Tutur Pemakaian Slogan Iklan Partai Hanura Tahun 2012/2013 Dalam Kajian Pragmatik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (727kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (641kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (198kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) karateristik tindak tutur slogan iklan Partai Hanura Tahun 2012/2013 dalam kajian pragmatik, (2) faktorfaktor yang mempengaruhi bahasa iklan kampanye Partai Hanura Tahun 2012/2013. Objek penelitian dalam skripsi ini berupa slogan-slogan iklan Partai Hanura Tahun 2012/2013.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan dokumentasi dengan lanjutan teknik catat yaitu dengan mencaridata kemudian mencatat penggunaan tindak tuturyang terdapat pada slogan iklanPartai Hanura Tahun 2012/2013. Penggunaan teknik dokumentasi dengan cara memotret spanduk, gambar atau poster yang ada di jalan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode agih dengan teknik bagi unsur langsung. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Berdasarkan karateristik tindak tutur pemakaian slogan iklan Partai Hanura Tahun 2012/2013,ditemukan tiga jenis karateristik tindak tutur berupa pernyataan atau kalimat berita (deklaratif),pertanyaan (introgatif), dan tindak tutur perintah (imperatif) (2) Adapun faktor yang mempengaruhi tindak tutur slogan iklan Partai Hanura Tahun 2012/2013 terdapat 4 faktor, faktor budaya, sosial,agama,dan politik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kajian, pragmatik, iklan, partai
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 21 Oct 2014 13:13
Last Modified: 20 Oct 2021 02:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30572

Actions (login required)

View Item View Item