Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas III SD Negeri I Karanglo Klaten Tahun 2013/2014

Utami, Tutur and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M. Si (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas III SD Negeri I Karanglo Klaten Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (287kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan strategi pembelajaran scramble siswa kelas III SD Negeri I Karanglo, Klaten. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, tiap pertemuan melalui empat tahap yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SD Negeri I Karanglo yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkam peningkatan keaktifan siswa pada Pra siklus yang semula mengajukan pertanyaan 39,39%, pada siklus II meningkat menjadi 90,91%. Menjawab pertanyaan dari pra siklus 42,42%, pada siklus II meningkat menjadi 91,15%. Perhatian siswa terhadap penjelasan guru pra siklus 43,43%, pada siklus II meningkat menjadi 91,15%. Kerjasama dengan kelompok pra siklus 32,32%, pada siklus II meningkat menjadi 83,84%. Memberi kesempatan teman berpendapat dan mendengarkannya pra siklus 34,34%, pada siklus II meningkat menjadi 82,83%. Memberi gagasan yang cemerlang pra siklus 27,27%, pada siklus II meningkat menjadi 83,35%. Saling membantu dan menyelesaikan masalah pra siklus 25,25%, pada siklus II meningkat menjadi 81,15%. Hasil belajar siswa juga meningkat yang telah mencapai nilai diatas KKM ≥70 dan nilai rata-rata kelas. Pada pra siklus prosentase ketuntasan 42,42%, siklus I 65,29%, siklus II 81,82%. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan pada pra siklus 59,69, siklus I 67,7, siklus II 78,38. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran scramble dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas III SD Negeri I Karanglo, Klaten tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, scramble
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Oct 2014 06:55
Last Modified: 14 Oct 2021 12:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30551

Actions (login required)

View Item View Item