Shena, Rizal Adhim Ave and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivisme dengan Pemanfaatan Macromedia Flash 8 (PTK di Kelas XI Desain Komunikasi Visual SMK Negeri 9 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03-HALAMAN_DEPAN.pdf Download (613kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04-BAB_I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
05-BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab III)
06-BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab IV)
07-BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
||
PDF (Bab V)
08-BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09-DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (70kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
02-NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (674kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan konstruktivisme dengan pemanfaatan Macromedia Flash 8. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XI Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK Negeri 9 Surakarta berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Motivasi siswa dalam bertanya sebelum tindakan 11,11% dan di akhir tindakan mencapai 36%, 2) Motivasi mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebesar 14,81% dan di akhir tindakan mencapai 40%, 3) Motivasi siswa dalam mengerjakan tugas sebelum tindakan sebesar 59,26% dan setelah tindakan mencapai 80%. Hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebelum dilakukan tindakan sebesar 51,85% dan di akhir tindakan mencapai 84%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan konstruktivisme dengan pemanfaatan Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI DKV SMK Negeri 9 Surakarta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan konstruktivisme dengan pemanfaatan Macromedia Flash 8, motivasi siswa, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 17 Oct 2014 14:51 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 22:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30531 |
Actions (login required)
View Item |