Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivisme dengan Pemanfaatan Macromedia Flash 8 (PTK di Kelas XI Desain Komunikasi Visual SMK Negeri 9 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014)

Shena, Rizal Adhim Ave and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivisme dengan Pemanfaatan Macromedia Flash 8 (PTK di Kelas XI Desain Komunikasi Visual SMK Negeri 9 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03-HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (613kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04-BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
05-BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
06-BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab IV)
07-BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Bab V)
08-BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09-DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
10-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02-NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (674kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan konstruktivisme dengan pemanfaatan Macromedia Flash 8. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XI Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK Negeri 9 Surakarta berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Motivasi siswa dalam bertanya sebelum tindakan 11,11% dan di akhir tindakan mencapai 36%, 2) Motivasi mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebesar 14,81% dan di akhir tindakan mencapai 40%, 3) Motivasi siswa dalam mengerjakan tugas sebelum tindakan sebesar 59,26% dan setelah tindakan mencapai 80%. Hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebelum dilakukan tindakan sebesar 51,85% dan di akhir tindakan mencapai 84%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan konstruktivisme dengan pemanfaatan Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI DKV SMK Negeri 9 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan konstruktivisme dengan pemanfaatan Macromedia Flash 8, motivasi siswa, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2014 14:51
Last Modified: 17 Oct 2021 22:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30531

Actions (login required)

View Item View Item