Rohaenur, Rohaenur and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Peningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Pecahan Pada Siswa Kelas IVB SDLB Sukoharjo, Margorejo, Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_publikasi.pdf Download (925kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (848kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (199kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
||
PDF (Bab V)
08._bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep dasar pecahan dalam mata pelajaran matematika kelas IVB SDLB Negeri Sukoharjo melalui implementasi pendekatan matematika realistik, dan (2) kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam implementasi pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas IVB SDLB Negeri Sukoharjo serta upaya mengatasinya. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVB SDLB Negeri Sukoharjo yang berjumlah 7 orang. Siswa tersebut terdiri siswa tunarungu sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah pemahaman. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan tahapan tiap siklus mencakup perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, siswa dikatakan paham karena memenuhi indicator pemahaman minimal 80%. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa pra siklus yang paham hanya 2 orang. Nantinya, pada siklus I siswa yang paham mencapai 5 orang dan kemudian pada siklus II siswa yang paham mencapai 6 orang, dan pada siklus III siswa paham mencapai 7 orang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa implementasi pendekatan matematika realistic dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IVB SDLB Negeri Sukoharjo semester II tahun pelajaran 2013/2014 dengan standar kompetensi menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Matematika Realistik, Pemahaman Konsep, Bilangan Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Sep 2014 08:31 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 05:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30213 |
Actions (login required)
View Item |