MULYATI, MULYATI and , Drs. Muhammad Yahya, M.Si. (2014) Peningkatan Kreatifitas Mencipta Bentuk Dengan Kegiatan Bermain Keping Geometri Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah PK Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (693kB) |
|
|
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf Download (156kB) |
|
PDF (Bab II )
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
PDF (Bab III )
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
PDF (Bab V )
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (331kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan, untuk mengetahui penerapan kegiatan membaca Anak Islam AISM di TK Pertiwi II Canden. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah anak didik kelompok B TK Pertiwi 2 Canden Sambi Boyolali tahun ajaran 2013/2014 sejumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaborator antara peneliti dengan kepala sekolah yang juga selaku guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian unjuk kerja, catatan lapangan dan wawancara. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi data. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak, dari kondisi kemampuan membaca prasijklus sebesar 45,8% dan pasca siklus I sebesar 55,25% kemudian pasca siklus II mencapai 84,1%. Keberhasilan peningaktan kemampuan membaca permulaan ini didukung oleh media buku AISM. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui kegiatan membaca buku AISM jilid I sampai jilid VI dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Pertiwi II Canden, Sambi, Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca permulaan, kegiatan membaca AISM |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 16 Sep 2014 15:03 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30206 |
Actions (login required)
View Item |