Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Ikan Pada Kelompok A Di TKIT Azzahra Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014

AISAH, SITI and , r. Darsinah, M.Si. (2014) Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Ikan Pada Kelompok A Di TKIT Azzahra Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui permainan ikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus di lakukan dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah anak TKIT Az-Zahra kelompok A Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen yang berjumlah 16 sebagai penerima tindakan. Peneliti dan guru teman sejawat sebagai pemberi tindakan. Adapun obyek penelitian ini adalah kemampuan berhitung dan pembelajaran melalui permainan ikan. Data yang di kumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang kemampuan berhitung anak dan data tentang pembelajaran guru dengan permainan ikan. Tehnik pengumpulan kedua data tersebut dengan metode observasi Data kemampuan berhitung anak dianalisis dengan analisis komparatif dan data pembelajaran guru dengan permainan ikan dianalisis dengan analisis interaktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada pada pra siklus rata-rata kemampuan berhitung anak 48% berarti bahwa rata-rata kemampuan berhitung anak Mulai Berkembang. Setelah tindakan siklus I rata-rata kemampuan berhitung anak mencapai 66% yang berarti bahwa rata-rata kemampuan berhitung anak Berkembang Sesuai Harapan. Setelah di lakukan tindakan pada siklus II ratarata kemampuan berhitung anak meningkat 89% artinya rata-rata kemampuan berhitung anak Berkembang Sangat Baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui permainan ikan dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada kelompok A di TKIT Az-Zahra Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung, Permainan Ikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 16 Sep 2014 13:22
Last Modified: 20 Oct 2021 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30196

Actions (login required)

View Item View Item