Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Balok Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Bentak Sidoharjo Sragen Tahun 2013/2014

SUPAMI, SRI and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Balok Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Bentak Sidoharjo Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (698kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (580kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui kegiatan bemain balok di TK Pertiwi Bentak Sidoharjo, Sragen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, subyek penelitian adalah anak kelompok B. sebagai penerima tindakan, peneliti sebagai pemberi tindakan, sedangkan guru kelas bertindak sebagai kolaborator. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak dan kegiatan pembelajaran guru, wawancara untuk mendiskusikan perencanaan yang akan dilakukan, dan catatan lapangan untuk mencatat hal-hal yang penting dalam proses pembelajaran. Analisis data melalui data interaktif yang digunakan untuk menganalisis data kegiatan mengenal konsep bilangan dan data komparatif digunakan untuk menganalisis data permainan balok, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui kegiatan bermain balok.. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase kemampuan mengenal konsep bilangan anak, yakni sebelum tindakan dengan prosentase 39% dengan status belul berkembang (BB), peningkatan siklus I dengan prosentase 64% dengan status mulai berkembang (MB), peningkatan pada siklus II dengan prosentase menjadi 70% yaitu dengan status bekembang sesuai haapan (BSH). Peningkatan pada siklus III dengan prosentase 83% dengan status bekembang sangat pesat (BSP). Dengan demikian kesimpulan peneliti bahwa dengan kegiatan bermain balok dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak TK Pertiwi Bentak Sidoharjo Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Balok, Konsep Bilangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 16 Sep 2014 12:02
Last Modified: 20 Oct 2021 06:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30189

Actions (login required)

View Item View Item