Suntari, Suntari and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2014) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Metode Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas IV A SDN Bakaran Wetan 01 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (598kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (719kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (198kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika melalui metode Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas IV A SDN Bakaran Wetan 01 tahun pelajaran 2013/2014. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV A SD Negeri Bakaran Wetan 01 yang berjumlah 28 siswa, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar matematika dan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa dan situasi kelas selama pembelajaran. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari 4 komponen yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sampai siklus III. Prosentase jumlah siswa yang memenuhi kriteria keaktifan tinggi dan sangat tinggi pada pra siklus hanya sebesar 32%, pada siklus I meningkat menjadi 61%, pada siklus II meningkat menjadi 71% dan pada siklus III meningkat lagi sebesar 86%. Sedangkan rata-rata tingkat pencapaian skor indikator keaktifan belajar dari pra siklus sebesar 45%, pada siklus I meningkat menjadi 61%, pada siklus II meningkat menjadi 67 % dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 79%. Dengan demikian dari pra siklus ke siklus III terjadi peningkatan prosentase jumlah siswa yang memenuhi kriteria keaktifan tinggi dan sangat tinggi sebesar 54% dan peningkatan rata-rata tingkat pencapaian skor indikator keaktifan belajar sebesar 34%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Melalui metode Team Assisted Individualization dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika pada siswa kelas IV A SDN Bakaran Wetan 01 tahun pelajaran 2013/2014” terbukti karena memenuhi indikator kinerja yang ingin dicapai yaitu 75%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Belajar, metode Team Assisted Individualization, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Sep 2014 11:31 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 04:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30185 |
Actions (login required)
View Item |