Purnamasari, Nurdiana and , Muh. Amin Sunarhadi, S.Si, M.P (2014) Pengembangan Materi Kebencanaan Pada Bahan Ajar SMP Kelas VII Mata Pelajaran IPS Pada Konsep Keruangan Dan Konektifitas. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Nasklah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (6MB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar kebencanaan iswa SMP ke;as VII. Tujuan pendidikan kebencanaan yaitu untuk menambah pengetahuan siswa akan bencana. Namun kenyataan dilapangan pendidikan kebencanaan kurang diminati oleh siswa. Sistem pembelajaran yang monoton dan kurangnya bahan ajar yang mampu mendorong minat siswa menjadi salah satu penyebabnya. Pengembangan bahan ajar kebencanaan perlu dilakukan sehingga membantu siswa dalam mempalajari kebencanaan dan tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dan pengembangan (Research and Development) adalah suatu proses atau langkahlangkah untuk mengembangkan suatu produk baru. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP 6 Surakarta. Variabel pada penelitian ini adalah variable bebas dan terikat. Validasi dilakukan oleh tenaga ahli kebencanaan dan bahan ajar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan angket kebutuhan, dan angket penilaian. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Setelah penelitian dilakukan diperoleh hasil berikut: (1) kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar kebencanaan meliputi: a) isi materi bahan ajar kebencanaan berbasis lokal; b) bentuk bahan ajar; (2) karakteristik bahan ajar kebencanaan meliputi: a) bahan ajar kebencanaan memiik relevansi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, b) pengembangan bahan ajar berisi materi kebencanaan yang dikembangkan berdasarkan prinsip pengembangan yakni kelayakan isi, penyajian dan kelayakan grafika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar, kebencanaan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 15 Sep 2014 13:28 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 14:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30184 |
Actions (login required)
View Item |