Pengembangan Materi Kebencanaan Pada Bahan Ajar SMP Kelas VII Mata Pelajaran IPS Pada Konsep Keruangan Dan Konektifitas

Purnamasari, Nurdiana and , Muh. Amin Sunarhadi, S.Si, M.P (2014) Pengembangan Materi Kebencanaan Pada Bahan Ajar SMP Kelas VII Mata Pelajaran IPS Pada Konsep Keruangan Dan Konektifitas. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Nasklah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (6MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar kebencanaan iswa SMP ke;as VII. Tujuan pendidikan kebencanaan yaitu untuk menambah pengetahuan siswa akan bencana. Namun kenyataan dilapangan pendidikan kebencanaan kurang diminati oleh siswa. Sistem pembelajaran yang monoton dan kurangnya bahan ajar yang mampu mendorong minat siswa menjadi salah satu penyebabnya. Pengembangan bahan ajar kebencanaan perlu dilakukan sehingga membantu siswa dalam mempalajari kebencanaan dan tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dan pengembangan (Research and Development) adalah suatu proses atau langkahlangkah untuk mengembangkan suatu produk baru. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP 6 Surakarta. Variabel pada penelitian ini adalah variable bebas dan terikat. Validasi dilakukan oleh tenaga ahli kebencanaan dan bahan ajar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan angket kebutuhan, dan angket penilaian. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Setelah penelitian dilakukan diperoleh hasil berikut: (1) kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar kebencanaan meliputi: a) isi materi bahan ajar kebencanaan berbasis lokal; b) bentuk bahan ajar; (2) karakteristik bahan ajar kebencanaan meliputi: a) bahan ajar kebencanaan memiik relevansi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, b) pengembangan bahan ajar berisi materi kebencanaan yang dikembangkan berdasarkan prinsip pengembangan yakni kelayakan isi, penyajian dan kelayakan grafika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, kebencanaan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 15 Sep 2014 13:28
Last Modified: 15 Oct 2021 14:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30184

Actions (login required)

View Item View Item